Al-Qaeda Bantah Sandera Warga Inggris

Rabu, 26 Agustus 2015 - 19:17 WIB
Al-Qaeda Bantah Sandera Warga Inggris
Al-Qaeda Bantah Sandera Warga Inggris
A A A
DUBAI - Kelompok sayap Al-Qaeda di Semenanjung Arab, AQAP, membantah telah menyandera warga negara Inggris yang pada awal pekan ini diberitakan berhasil dibebaskan oleh tentara UEA. Bantahan itu dikeluarkan AQAP di jejaring media sosial Twitter.

"Pemerintah UEA mengklaim telah membebaskan warga Inggris yang diculik oleh Al-Qaeda. Kami menegaskan, berita ini tidak benar," cuit AQAP di Twitter seperti dikutip dari Reuters, Rabu (26/8/2015). AQAP menambahkan, mereka tidak menyadera warga negara Inggris.

Sebelumnya, UEA mengatakan pasukannya telah membebaskan seorang sandera saat menggelar operasi intelijen di Aden, kota sebelah selatan Yaman. Sandera itu diidentifikasi sebagai warga negara Inggris yang berprofesi sebagai pekerja kilang minyak. Ia diculik di Yaman pada Februari 2014.

Kota pelabuhan Aden sebagian besar wilayahnya menjadi tak bertuan setelah pecah konflik bersenjata di Yaman dan menjadi garis depan kelompok-kelompok yang berkonflik di negara itu. Daerah ini menjadi medan tempur kelompok yang mendukung pemerintah di pengasingan, kelompok pro Presiden Abd-Rabbu Mansour Hadi yang didukung oleh negara-negara Barat dan Arab, melawan gerakan kelompok Houthi yang dipimpin oleh Iran dan sekutunya.

Meskipun milisi pro Hadi berhasil menguasai Aden dari kelompok Houthi pada bulan lalu, namun kelompok Al-Qaeda berhasil menguasai sejumlah distrik dan telah bergerak secara terbuka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4928 seconds (0.1#10.140)