Ukraina Kembali Membara, Putin Salahkan Kiev

Selasa, 18 Agustus 2015 - 22:23 WIB
Ukraina Kembali Membara, Putin Salahkan Kiev
Ukraina Kembali Membara, Putin Salahkan Kiev
A A A
MOSKOW - Sikap saling menyalahkan antara Rusia dan Ukraina terkait peningkatan situasi di Ukraina timur kembali terjadi. Setelah sebelumnya Presiden Ukraina Petro Poroshenko menyalahkan Presiden Rusia atas peningkatan situasi di timur negaranya itu, kali ini gilliran Putin yang menyalahkan Kiev atas hal tersebut.

Putin mengatakan, peningkatan situasi yang kembali terjadi dalam beberapa hari terakhir disebabkan oleh kebijakan ofensif yang diambil Ukraina. Menurutnya, separatis di Ukraina timur tidak pernah melakukan tindakan konfrontatif, tapi Kiev tetap meningkatan kehadiran militer mereka di Ukraina timur.

"Sayangnya, kita sekarang melihat eskalasi konflik ini dan kesalahan bukan berada di tangan milisi Donbas, tetapi datang dari sisi saingan," ucap Putin yang mengacu pada Ukraina, seperti dilansir Reuters pada Selasa (18/8/2015).

Saya berharap tidak akan ada lagi bentrokan langsung dalam skala penuh," sambungnya paska melakukan penyelaman di salah satu taman wisata laut di Crimea.

Sebelumnya, Poroshenko menuding kunjungan Putin sebagai biang kerok meningkatnya kembali situasi di Ukraina. Dimana dalam beberapa hari terakhir pertempuran kembali terjadi, yang telah memakan puluhan korban jiwa.

"Kunjungan Putin di Crimea merupakan bagian dari rencananya untuk meningkatkan ketegangan di timur Ukraina. Ini merupakan tantangan bagi peradaban dunia dan kelanjutan dari rencana untuk meningkatkan situasi yang sedang dilakukan oleh tentara Rusia dan tentara bayaran mereka di Donbass (Ukraina timur)," kata Poroshenko.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7045 seconds (0.1#10.140)