Dipecat Presiden Myanmar, Shwe Mann Jadi Sekutu Suu Kyi

Selasa, 18 Agustus 2015 - 17:25 WIB
Dipecat Presiden Myanmar, Shwe Mann Jadi Sekutu Suu Kyi
Dipecat Presiden Myanmar, Shwe Mann Jadi Sekutu Suu Kyi
A A A
YANGON - Presiden Myanmar, Thein Sein telah memecat Shwe Mann sebagai Ketua Partai Persatuan Solidaritas Pembangunan (USDP) yang merupakan partai berkuasa di negara itu. Kini, Shwe Mann bersekutu dengan tokoh oposisi Aung San Suu Kyi.

Pemecatan Shwe Mann jadi guncangan terbesar dalam rezim militer yang berkuasa di Myanmar. Dia dipecat pekan lalu atau hanya beberapa bulan sebelum pemilu.

”Sudah jelas sekarang siapa musuh dan siapa sekutu,” kata Suu Kyi kepada wartawan Selasa (18/8/2015) di gedung parlemen negara itu, ketika ditanya apakah Shwe Mann akan jadi sekutunya setelah dipecat Presien Thein Sein.

“Liga Nasional Demokrasi akan bekerja dengan sekutu,” lanjut Suu Kyi, seperti dikutip Reuters. Dia tidak merinci bagaimana mereka akan bekerja bersama-sama.

Selama menjadi Ketua USDP, Shwe Mann berusaha untuk membangun hubungan dengan Suu Kyi. Sepak terjang Shwe Mann itulah yang diduga sebagai salah satu penyebab dia dipecat.

Pasukan keamanan pada Rabu pekan lalu mengepung kompleks kantor USDP, sementara presiden bertemu dengan para petinggi partai untuk memecat Shwe Mann darikomite kepemimpinan.

”Adapun kejadian dari tengah malam, ini bukanlah apa yang Anda harapkan dari demokrasi,” ujar Suu Kyi. Shwe Mann selama ini juga mendukung Suu Kyi dalam kampenye untuk mereformasi konstitusi terkait pembatasan kekuasaan para jenderal di panggung politik Myanmar.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8340 seconds (0.1#10.140)