Ada Gua Suci di Bawah Piramida Suku Maya Kuno

Jum'at, 14 Agustus 2015 - 17:37 WIB
Ada Gua Suci di Bawah...
Ada Gua Suci di Bawah Piramida Suku Maya Kuno
A A A
MEXICO CITY - Sekelompok ilmuwan dari Autonomous University of Mexico menemukan gua suci sinkhole di bawah Piramida Chichen Itza, bangunan keramat suku Maya kuno. Penemuan itu dimumkan kemarin.

Temuan itu diyakini akan menjadi petunjuk baru tentang peradaban suku Maya kuno. Menurut para ilmuwan, gua itu terdapat aliran air sepanjang 35 meter dengan kedalaman lebih dari 20 meter.

Penemuan itu dilakukan dengan menggunakan teknologi baru dengan menempatkan elektroda di sekitar struktur bangunan piramida dan memasang aliran listrik ke tanah.

”Ingat, apa yang terjadi di tengah-tengah batu kapur, di mana kita dapat memiliki gua-gua, sungai bawah tanah. Ini sangat mungkin bahwa piramida ini duduk di atas cenote,” kata salah satu ilmuwan, Rene Chavez, seperti dikutip IB Times, Jumat (14/8/2015).

Piramida yang ada di Meksiko itu menjadi satu dari tujuh keajaiban dunia kuno, yang terkenal karena memiliki geometri astronomi yang sempurna. Denisse Argote dari Institut Sejarah dan Antropologi Nasional Meksiko mengatakan penemuan cenote itu bisa memberikan wawasan baru, mengapa piramida itu dibangun di sebuah situs di semenanjung Yucatan.

”Kita tahu bahwa di daerah kaustik, di sekitarnya memiliki perairan bawah tanah. Jadi, dengan mempertimbangkan konsep ‘rahim ibu’, asal-usul kehidupan dan air yang merupakan sumber asli dari kehidupan, kita memiliki makna ganda yang sangat signifikan. Oleh karena itu, dengan mengambil semua konsep ini, kita bisa menghubungkannya dengan langkah pemikiran magis dan religius,” ujar Argote.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1065 seconds (0.1#10.140)