Dukung Kesepakatan Nuklir, Ilmuwan Top Kirim Surat ke Obama

Minggu, 09 Agustus 2015 - 20:50 WIB
Dukung Kesepakatan Nuklir, Ilmuwan Top Kirim Surat ke Obama
Dukung Kesepakatan Nuklir, Ilmuwan Top Kirim Surat ke Obama
A A A
WASHINGTON - Dukungan terhadap kesepakatan nuklir Iran terus berdatangan. Kali datang dari 29 ilmuwan top Amerika Serikat, termasuk di dalamnya ilmuwan pemenang Nobel, veteran pembuat senjata nuklir, dan mantan penasehat Gedung Putih.

Bentuk dukungan itu diberikan dalam bentuk surat kepada Presiden Barack Obama dan memuji langkah yang diambilnya sebagai langkah yang inovatif. Surat itu tiba tepat disaat Obama akan melakukan lobi kepada Kongres, masyarakat, dan negara-negara sekutunya untuk mendukung langkah tersebut.

Dalam suratnya, para ilmuwan top itu berulangkali menggunakan kata inovatif untuk memuji langkah yang telah diambil oleh Obama. Dikutip dari laman ocregister, Minggu (9/8/2015), surat dukungan setebal dua halaman itu bisa membantu Gedung Putih memberikan argumen untuk mendapatkan dukungan.

Surat dukungan ini juga menjadi angin segar bagi Obama di tengah penolakan dukungan dari salah satu senator senior Partai Demokrat, Chuck Schumer.

Sejumlah nama ilmuwan top yang ikut menandatangani surat dukungan itu diantaranya adalah Richard L. Garwin, seorang ahli fisika yang membantu merancang bom hidrogen pertama di dunia dan telah lama menyarankan Washington pada senjata nuklir dan pengawasan senjata.

Selain itu, juga ada nama Siegfried Hecker S, seorang profesor yang berasal dari Stanford. Ia tercatat pernah bekerja di laboratorium Los Alamos di New Mexico, tempat kelahiran bom. Ada juga nama Freeman Dyson dari Princeton, Sidney Drell dari Stanford dan Rush D. Holt, anggota fisikawan dan mantan anggota Kongres.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4579 seconds (0.1#10.140)