Jepang Peringati 70 Tahun Tragedi Nagasaki

Minggu, 09 Agustus 2015 - 12:32 WIB
Jepang Peringati 70 Tahun Tragedi Nagasaki
Jepang Peringati 70 Tahun Tragedi Nagasaki
A A A
NAGASAKI - Pemerintah kota Nagaski, Jepang dilaporkan tengah mempersiapkan diri untuk melakukan peringatan 70 tahun salah satu tragedi terbesar dalam sejarah umat manusia. Kota tersebut akan memperingati tragedi penjatuhan bom atom yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) pada Perang Dunia II lalu.

Melansir Itar-tass pada Minggu (9/8/2015), peringatan tersebut akan digelar di taman perdamaian di Nagasaki pada pukul 11 siang ini (waktu setempat). Pukul 11, atau pukul 11.02 dipilih, karena pada saat inilah bomber AS menjatuhkan bom atom yang meluluhlantahkan Nagasaki.

Peringatan ini akan diwali oleh aksi mengheningkan cipta selama satu menit, yang dilanjutkan dengan pembacaan deklarasi damai yang akan dibacakan oleh Wakilota Nagaski, Tomihisa Taue. Salah satu dari butir deklarasi damai itu adalah dunia bebas dari senjata nuklir.

Pemerintah kota Nagasaki mengatakan perwakilan dari 80 negara akan menghadiri acara peringatan tahun ini. Gottemoeller, Wakil Menteri Luar Negeri AS untuk Pengendalian Senjata dan Keamanan Internasional dan Duta Besar AS untu Jepang Caroline Kennedy akan mewakili AS dalam peringatan ini.

Sementara itu, selain AS, Prancis, Rusia hingga Iran juga dipastikan akan mengirimkan pewakilan mereka dalam peringatan tragedi yang memakan ribuan korban jiwa tersebut. Nagasaki sendiri merupakan kota kedua di Jepang yang dihantam bom atom, setelah Hiroshima.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5368 seconds (0.1#10.140)