HRW: Israel Tangkapi Bocah-bocah Palestina dengan Granat

Selasa, 21 Juli 2015 - 10:41 WIB
HRW: Israel Tangkapi Bocah-bocah Palestina dengan Granat
HRW: Israel Tangkapi Bocah-bocah Palestina dengan Granat
A A A
JERUSALEM - Human Right Watch (HRW) membeberkan perilaku kasar militer Israel saat menangkapi bocah-bocah Palestina. Selain memukuli anak-anak kecil Palestina yang ditangkap, Israel juga menggunakan granat setrum.

Bocah-bocah Palestina berusia 11-15 tahun itu ditangkapi militer Israel secara kasar selama periode Maret-Desember 2014. Mereka ditangkap setelah melempari tentara Israel dengan batu.

”Pasukan keamanan Israel telah menggunakan kekerasan yang tidak perlu untuk menangkap atau menahan anak-anak Palestina yang berusia 11 tahun,” bunyi laporan HRW yang diterbitkan Senin (20/7/2015) di situsnya.

“Pasukan keamanan telah membuat anak-anak itu tersedak, granat setrum dilemparkan kepada mereka, mengalahkan mereka dalam tahanan, mengancam dan menginterogasi mereka tanpa kehadiran orangtua atau pengacara. Pasukan Israel juga gagal untuk membiarkan orangtua mereka tahu keberadaan mereka,” lanjut laporan HRW.

Laporan HRW itu disusun setelah mewawancarai sejumlah anak laki-laki dan gadisPalestina berusia 11-15 tahun yang pernah ditangkap pasukan Israel pada tahun lalu.

“Anak-anak itu mengatakan kepada HRW bahwa pemerintah Israel tidak memberitahu orangtua atas penangkapan mereka dan menginterogasi anak-anak tanpa memungkinkan mereka untuk berbicara dengan orangtuanya atau pengacara terlebih dahulu,” sambung laporan HRW.

Salah satu bocah Palestina, Rashid, 11, mengatakan bahwa ia diserang dengan granat setrum oleh pasukan Israel untuk menangkapnya setelah dia melempar batu pada bulan November 2014.

Anak itu melanjutkan, bahwa pasukan Israel menaruh tas hitam di atas kepalanya. ”Mengancamnya dengan pemukulan, dan menendang tulang keringnya ketika ditangkap untuk diinterogasi,” imbuh laporan HRW.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3301 seconds (0.1#10.140)