Koalisi Saudi Gempur Pasar di Yaman, 30 Warga Sipil Tewas

Senin, 06 Juli 2015 - 14:01 WIB
Koalisi Saudi Gempur Pasar di Yaman, 30 Warga Sipil Tewas
Koalisi Saudi Gempur Pasar di Yaman, 30 Warga Sipil Tewas
A A A
HAJJAH - Pesawat-pesawat jet tempur koalisi yang dipimpin Arab Saudi meluncurkan serangan udara terhadap sebuah pasar di Yaman utara pada hari Minggu. Media Yaman, melaporkan sebanyak 30 warga sipil tewas.

Kantor berita Saba, yang dikelola kelompok Houthi tidak merinci jumah korban luka dalam serangan tersebut. Pasar yang digempur koalisi Arab Saudi adalah Pasar Aahem di Provinsi Hajjah.

Serangan terhadap pasar itu sebagai balasan setelah pasukan pemberontak Houthi di Yaman meluncurkan sejumlah serangan roket, yang sala satunya menghantam lapangan udara militer di Najran.

Serangan juga mengenai kamp militer al-Sharafa, serta tank ditempatkan sebelah utara dari wilayah al-Khoba di Provinsi Jizan, Saudi. ”Saudi membidik warga saat mereka berbelanja di Pasar Aahem,” tulis Saba mengutip sumber keamanan di Yaman.

Penduduk setempat yang dikonfirmasi Reuters, Senin (6/7/2015), mengatakan bahwa pasukan Houthi telah menutup wilayah dan membawa para korban serangan ke rumah sakit.

Insiden ini adalah serangan terbaru di Yaman setelah PBB memfasilitasi kesepakatan untuk “jeda kemanusiaan” di Yaman. Jeda kemanusiaan iu sejatinya telah disepakati hingga akhir bulan suci Ramadan, pada 17 Juli 2015.



Pada hari Jumat pekan lalu, PBB mengatakan, bahwa kelompok bantuan harus siap untuk memanfaatkan “jeda kemanusiaan”. Koalisi Arab Saudi yang telah menggempur kelompok Houthi di Yaman sejak Maret 2015 belum mengkonfirmasi serangan terbaru mereka yang diklaim menewaskan puluhan warga sipil.

Agresi koalisi Saudi itu bertujuan untuk mengembalikan kekauasan Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi. Presiden Yaman itu telah meninggalkan negaranya untuk minta perlindungan Saidi setelah dirinya jadi target serangan Houthi.
(mas)
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1453 seconds (11.97#12.26)