Putin: Rusia Ditekan Barat karena Kebijakannya Independen!

Sabtu, 04 Juli 2015 - 09:13 WIB
Putin: Rusia Ditekan...
Putin: Rusia Ditekan Barat karena Kebijakannya Independen!
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan, negaranya ditekan negara-negara Barat karena kebijakan luar negeri dan dalam negeri Rusia yang independen.

“Alasan untuk menekan Rusia jelas,” kata Putin dalam pertemuan Dewan Keamanan Kremlin, Jumat kemarin (3/7/2015). ”Kami melakukan kebijakan dalam dan luar negeri yang independen, (kami) tidak menjual kedaulatan kita. Tidak semua orang suka itu, tapi tidak bisa dengan cara lain!,” lanjut Putin.

Putin lantas menyindir sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat (AS) dan sekutu Eropanya terhadap Rusia dengan dalih Rusia melakukan intervensi militer di Ukraina. “(Sanksi) itu upaya untuk memecah masyarakat kita, tapi telah gagal,” ujar Putin.

Kendati Rusia ditekan negara-negara Barat, menurut Putin, Rusia tetap terbuka untuk melakukan kerjasama.”Pada isu-isu kunci dalam agenda internasional, tanpa merugikan kedaulatan dan keamanan nasional,” ucap Putin, seperti dilansir Voice of America.

Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Nikolai Patrushev, mengatakan bahwa sanksi Barat terhadap Rusia untuk merusak ekonomi memiliki tujuan khusus.”Untuk mempengaruhi kebijakan internasional dan mengubah kepemimpinan negara saat ini,” ujarnya mengacu pada kepemimpinan rezim Putin.

Patrushev, lantas menuduh Amerika Serikat di balik krisis Ukraina sejak awal. Menurutnya, AS menjadi dalang “kudeta” di Ukraina, di mana Presiden Ukraina Viktor Yanukovich yang pro-Rusia digulingkan pada tahun lalu.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4497 seconds (0.1#10.140)