Ribuan Orang Bawa Obor Tuntut Presiden Honduras Mundur

Sabtu, 27 Juni 2015 - 14:56 WIB
Ribuan Orang Bawa Obor...
Ribuan Orang Bawa Obor Tuntut Presiden Honduras Mundur
A A A
TEGUCIGALPA - Ribuan orang di Honduras turun ke jalan sambil membawa obor dan menuntut Presiden Honduras, Juan Hernandez, mengundurkan diri. Massa yang marah juga menuntut penyelidikan independen soal skandal korupsi yang diduga melibatkan Presiden Hernandez.

Demonstran yang berjumlah sekitar 25 ribu orang meneriakkan slogan-slogan anti-Hernandez saat mereka berjalan menuju istana presiden.

Kantor berita Reuters, pada Sabtu (27/6/2015) melaporkan, sebuah koalisi dari kelompok-kelompok politik oposisi juga menuntut penyelidikan independen terhadap skandal korupsi senilai US$ 200 juta di Honduran Institute of Social Security, sebuah lembaga jaminan sosial yang dibentuk para pejabat.

Presiden Hernandez pada Selasa lalu menawarkan diri untuk memulai dialog dengan kelompok-kelompok oposisi. Tapi, para penentang Hernandez bersikeras menuntut penyelidikan independen oleh pihak asing setara komisi PBB untuk menuntaskan kasus dugaan korupsi di negara itu.

Hernandez mengakui bahwa pada kampanye presiden 2013, dia mengambil dana senilai US$ 150 ribu dari lembaga Honduran Institute of Social Security. Tapi, dia dan partainya mengklaim tidak tahu sumber dana di lembaga tersebut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0577 seconds (0.1#10.140)