Bulan Ini, Honduras Akan Membuka Kedutaan di Yerusalem

Sabtu, 05 Juni 2021 - 15:07 WIB
loading...
Bulan Ini, Honduras Akan Membuka Kedutaan di Yerusalem
Honduras akan membuka kedutaan besar di Yerusalem pada bulan ini. Foto/The New Arab
A A A
TEGUCIGALPA - Honduras akan membuka kedutaan di Yerusalem bulan ini, dalam upaya untuk membangun hubungan yang lebih dekat dengan Israel setelah puluhan tahun beroperasi di Tel Aviv. Hal itu diungkapkan langsung presiden negara itu.

Negara Amerika tengah itu sebelumnya membuka kantor komersial di Yerusalem, melanggar kebijakan netralitasnya selama puluhan tahun dalam konflik Israel-Palestina.

Sebagai respons, Israel akan membuka kantor diplomatik di Tegucigalpa, Ibu Kota Honduras.

"Kami akan meresmikan apa yang telah kami lakukan selangkah demi selangkah, yaitu pemasangan kedutaan kami di Yerusalem," kata Presiden Juan Orlando Hernandez seperti dikutip dari The New Arab, Sabtu (5/6/2021).



Dia menambahkan bahwa langkah itu akan memberdayakan Honduras di sisi pertanian, di bidang inovasi dan di bidang pariwisata.

Honduras mengalami kesulitan mendapatkan vaksin COVID-19 untuk mengendalikan pandemi yang telah membanjiri rumah sakit, tetapi pada bulan Februari memperoleh 5.000 vaksin Moderna yang disumbangkan oleh Israel sebagai imbalan untuk menerima pemindahan kedutaannya.

Negara ini memiliki komunitas Palestina terbesar kedua di Amerika Latin, kedua setelah Chili.

Honduras bergabung dengan sejumlah kecil negara yang memiliki kedutaan besar di Yerusalem, termasuk Amerika Serikat (AS), Kosovo, dan tetangganya di Amerika tengah Guatemala - negara-negara yang juga telah menerima sumbangan COVID-19 dari Tel Aviv.



Status Yerusalem tetap menjadi salah satu titik panas terbesar dalam konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung lama.

Palestina mengklaim Yerusalem timur sebagai ibu kota negara mereka di masa depan, dan sebagian besar negara memiliki kedutaan besar Israel di Tel Aviv.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1621 seconds (0.1#10.140)