China Pamer Reklamasi Laut China Selatan Versi Unik

Jum'at, 19 Juni 2015 - 12:58 WIB
China Pamer Reklamasi Laut China Selatan Versi Unik
China Pamer Reklamasi Laut China Selatan Versi Unik
A A A
BEIJING - Sebuah situs China telah menerbitkan foto-foto unik hasil reklamasi Laut China Selatan yang jadi sengketa banyak negara. Salah satu foto menunjukkan, perwira Angkatan Laut wanita China sedang berpose.

Ada juga foto kebun sayur di pulau reklamasi yang dibangun Beijing. Situ sina menampilkan slideshow dari 17 foto hasil reklamasi Laut China Selatan.” Gratifying results on China's Yongshu Reef: building vegetable greenhouses (and) growing fruit trees,” judul berita utama media China itu yang bermakna ”Hasil memuaskan di Terumbu Karang Yongshu China; rumah kaca sayuran (dan) pohon buah-buahan yang tumbuh.”

Reklamasi oleh China itu dilakukan di Kepulauan Spratly yang juga diperebutkan sejumlah negara Asia. Reklamasi itu juga telah membuat Amerika Serikat (AS) meradang karena kebebasan bernavigasi di Laut China Selatan terampas. Terakhir, pesawat mata-mata tercanggih AS diusir Angkatan Laut China ketika patroli di atas pulau reklamasi di Laut China Selatan.

Situs sina tidak menejelaskan kapan foto-foto hasil reklamasi Beijing di Laut China Selatan itu diambil. Foto-foto itu juga tidak diberi keterangan.
Foto-foto itu juga tidak menampilkan proyek landasan pacu seperti yang terekam satelit komersial beberapa waktu lalu. Pemerintah China belum mengkonfirmasi beredarnya foto-foto reklamasi itu.

Pada pekan ini, Pemerintah China menegaskan bahwa proyek reklamasi di Kepulauan Spratly akan segera selesai. Tapi, pembangunan fasilitas di atasnya akan terus dilakukan China. Beijing telah mengkaim hampir seluruh wilayah Laut China Selatan. Namun klaim itu ditentang Filipina, Vietnam, Malaysia, Brunei dan Taiwan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4729 seconds (0.1#10.140)