Dibombardir AS, Pemimpin Al-Qaeda Libya Dikabarkan Tewas

Senin, 15 Juni 2015 - 14:03 WIB
Dibombardir AS, Pemimpin Al-Qaeda Libya Dikabarkan Tewas
Dibombardir AS, Pemimpin Al-Qaeda Libya Dikabarkan Tewas
A A A
WASHINGTON - Pemimpin al-Qaeda di wilayah Libya, Mokhtar Belmokhtar dikabarkan turut menjadi korban tewas dalam serangan yang dilancarkan Amerika Serikat (AS), semalam. Kabar tewasnya Belmokhtar dihembuskan oleh otoritas di Libya.

Namun, pemerintah AS enggan memberikan pernyataan terlebih dahulu apakah mereka benar-benar telah menewaskan Belmokhtar atau tidak. AS masih menunggu konfirmasi resmi dari sumber-sumber mereka yang berada di lapangan.

"Saya baru bisa mengkonfirmasi bahwa target penyerangan operasi kontra terosime di Libya semalam adalah Mokhtar Belmokhtar," kata juru bicara Pentagon Kolonel Steve Warren, seperti dilansir Al Arabiya pada Senin (15/6/2015).

"Serangan itu dilakukan oleh pesawat AS. Kami terus menilai hasil operasi yang kami lakukan dan akan memberikan rincian lebih lanjut dalam waktu dekat," sambungnya.

Warren mengatakan, Belmokhtar adalah salah satu taget utama AS dalam operasi mereka di kawasan Afrika dan Timur Tengah. Belmokhtar, lanjut Warren adalah salah satu tokoh senior dan terpandang al-Qaeda di kawasan Afrika.

"Belmokhtar memiliki sejarah panjang kegiatan teroris terkemuka sebagai anggota al-Qaeda di Maghreb Islam (AQIM). Dia adalah pemimpin operasional al-Qaeda yang terkait organisasi Al Murabitoun di laut Afrika, dan dia sangat setia terhadap al-Qaeda," ucapnya.

"Belmokhtar adalah otak dari serangan di Amenas, Aljazair pada tahun 2003 yang menewaskan setidaknya 38 orang dari 10 negara, termasuk tiga warga Amerika, dan merupakan ancaman bagi warga AS," tambahnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6448 seconds (0.1#10.140)