Terima Pengungsi, AS Puji 3 Negara ASEAN Ini

Kamis, 21 Mei 2015 - 20:21 WIB
Terima Pengungsi, AS Puji 3 Negara ASEAN Ini
Terima Pengungsi, AS Puji 3 Negara ASEAN Ini
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) memuji langkah yang diambil oleh Indonesia, Malaysia dan Thailand soal pengungsi. Ketiga negara ASEAN itu, khususnya Indonesia dan Malaysia, berkomitmen untuk menerima dan menampung para pengungsi Rohingnya.

"AS menyambut baik keputusan Malaysia, Indonesia, dan Thailand untuk bekerja sama menegakkan tanggung jawab berdasarkan hukum internasional, dan memberikan bantuan kemanusiaan serta penampungan bagi 7.000 imigran yang rentan dan terjebak di lautan Asia Tenggara," ujar juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Marie Harf dalam pernyatan tertulis yang diterima Sindonews pada Kamis (21/5/2015).

Dalam pernyataanya, Harf juga mengatakan, pihaknya meminta negara-negara lain di kawasan ASEAN untuk melakukan hal yang sama. Atau setidaknya mendukung upaya yang dilakukan oleh Indonesia, Malaysia dan Thailand tersebut.

"AS mendesak negara-negara lain di kawasan tersebut dan komunitas internasional untuk mendukung upaya-upaya tersebut," sambungnya.

Menurutnya, isu mengenai pengungsi tersebut akan menjadi isu utama dalam konferensi yang akan berlangsung tanggal 29 Mei mendatang di Bangkok, Thailand. Konferensi itu merupakan ide yang dimunculkan Thailand, dan rencananya akan berlangsung pada tingkat pejabat tinggi.

"Kami percaya semua negara di kawasan yang terkait dengan isu ini akan menghadiri konferensi ini, yang juga akan dihadiri oleh delegasi tingkat tinggi AS," pungkasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3944 seconds (0.1#10.140)