Tolong Rohingya, Amerika Apresiasi Indonesia

Kamis, 21 Mei 2015 - 17:16 WIB
Tolong Rohingya, Amerika Apresiasi Indonesia
Tolong Rohingya, Amerika Apresiasi Indonesia
A A A
JAKARTA - Amerika Serikat (AS) mengapresiasi dan menyambut baik keputusan Indonesia, Malaysia, dan Thailand yang bekerjasama menolong para pengungsi Rohingya dan Bangladesh. AS memuji ketiga negara itu karena menegakkan tanggung jawabnya berdasarkan hukum internasional.

Indonesia bersama Malaysia dan Thailand telah sepakat memberikan bantuan kemanusiaan serta penampungan bagi 7.000 imigran Rohingya dan Bangladesh yang terjebak di lautan Asia Tenggara.

“Amerika Serikat mendesak negara-negara lain di kawasan tersebut dan komunitas internasional untuk mendukung upaya-upaya itu,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Marie Harf, dalam keterangan persnya yang diterima Sindonews.com, Kamis (21/5/2015).

Menurut Harf, masalah imigran itu akan menjadi isu penting yang akan dibahas pada konferensi tanggal 29 Mei di Bangkok, Thailand. “Kami percaya semua negara di kawasan yang terkait dengan isu ini akan menghadiri konferensi ini yang juga akan dihadiri oleh delegasi tingkat tinggi AS,” katanya.

AS terus mendesak negara-negara di kawasan untuk mengambil langkah-langkah proaktif secara cepat untuk menyelamatkan nyawa para imigran dan pencari suaka yang sekarang berada di laut. AS minta semua negara di Asia Tenggara untuk tidak menghalau setiap kapal baru yang datang.

Sementara itu, Wakil Menlu AS, Antony J Blinken, di Jakarta baru-baru ini mengatakan bahwa AS siap membantu negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang sedang menanggung beban dan menyelamatkan hidup para pengungsi.

“Kami memiliki kewajiban bersama untuk menjawab keinginan para imigran yang telah mempertaruhkan nyawa mereka di laut,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2799 seconds (0.1#10.140)
pixels