Vatikan Akui Kedaulatan Palestina

Rabu, 13 Mei 2015 - 22:53 WIB
Vatikan Akui Kedaulatan Palestina
Vatikan Akui Kedaulatan Palestina
A A A
VATIKAN - Vatikan akhirnya telah secara resmi mengakui Palestina sebagai sebuah negara yang berdaulat. Pengakuan Vatikan tersebut tercantum dalam sebuah perjanjian yang baru saja dicapai oleh kedua negara.

Perjanjian, yang sejatinya belum ditandatangani tersebut menunjukan arah baru diplomasi luar negeri Vatikan. Sebelumnya, Vatikan hanya melakukan kontak dengan Organisasi Pembebasan Palestina, tapi dengan adanya perjanjian ini Vatikan akan melakukan kontak dengan semua pihak di Palestina.

"Ya, itu adalah pengakuan yang menunjukan bahwa negara itu (Palestina) memang benar-benar ada," ucap juru bicara Vatikan, Rev Federico Lombardi, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (13/5/2014).

Perjanjian itu sendiri tercapai dalam pertemuan antara Presiden Palestina Mahmoud Abbas dengan pemimpin Vatikan Paus Franciskus pada akhir pekan lalu. Ini sebenarnya bukan hal mengejutkan, karena Vatikan sejak tahun lalu sudah menunjukan tanda-tanda akan memberikan pengakuan terhadap Palestina.

Dengan adanya pengakuan dari Vatikan, semakin menambahkan panjang daftar negara yang sudah mengakui Palestina sebagai sebuah negara. Sejauh ini sudah 137 negara, dari sekitar 200 negara yang ada diseluruh dunia yang mengakui kedaulatan Palestina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7844 seconds (0.1#10.140)