Putin Kembali Tujukan Dukungan bagi Kemerdekaan Palestina

Senin, 30 Maret 2015 - 22:26 WIB
Putin Kembali Tujukan Dukungan bagi Kemerdekaan Palestina
Putin Kembali Tujukan Dukungan bagi Kemerdekaan Palestina
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia, Vladimir Putin kembali menunjukan dukungannya terhadap kemerdekaan Palestina. Dukungan itu ditunjukan dalam sepucuk surat yang dibacakan perwakilan Rusia saat pertemuan puncak ke-46 Liga Arab di Mesir.

Dalam surat tersebut, seperti dilansir Reuters pada Senin (30/3/2015), Putin menegaskan pemerintah Rusia akan berusaha sekuat tenaga untuk mewujudkan kemerdekaan Palestina. Dia juga meminta kepada Liga Arab untuk mendukung solusi damai dalam menyelesaikan konflik di kawasan Timur Tengah.

“Palestina mempunyai hak untuk mendapatkan kemerdekaan dan negara yang dapat ditinggali dengan ibu kota di Yarusalem Timur. Rusia akan tetap berusaha untuk mencapai tujuan ini melalui jalur bilateral dan multilateral,” bunyi surat Putin tersebut.

Pembicaraan damai antara Israel dan sendiri Palestina sampai saat ini belum menunjukan adanya tanda-tanda kemajuan. Selain itu, pemerintah Israel melalui Perdana Menteri mereka Benjamin Netanyahu juga sempat menegaskan tidak akan pernah mengakui Palestina sebagai sebuah negara merdeka.

Netanyahu berpandangan, memberikan pengakuan terhadap Palestina sebagai sebuah negara berarti turut mengakui Hamas, yang tak lain adalah salah satu faksi terbesar di Palestina. Selama ini, Hamas dianggap sebagai kelompok teror oleh Netanyahu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4307 seconds (0.1#10.140)