Makam Saddam Hussein Rusak akibat Perang Irak dan ISIS

Senin, 16 Maret 2015 - 16:05 WIB
Makam Saddam Hussein Rusak akibat Perang Irak dan ISIS
Makam Saddam Hussein Rusak akibat Perang Irak dan ISIS
A A A
TIKRIT - Makam bekas diktator Irak, Saddam Hussein, rusak berat akibat perang antara pasukan Irak dengan kelompok ISIS di Tikrit. Makam Saddam Hussein yang ada di Desa Ouja, Tikrit kini dipenuhi puing-puing beton.

Sejak hari Minggu, kota kelahiran Saddam Hussein telah menjadi medan perang dahsyat antara pasukan Irak yang dibantu milisi Syiah melawan pasukan Islamic State Iraq and Syria (ISIS).

Desa di sekitar makam Saddam Hussein kini juga dipenuhi poster para tokoh milisi Syriah. Gambar Jenderal Iran terkemuka Iran, Qassem Sulaimani juga muncul di desa itu. Tikrit merupakan kota yang berjarak 80 Km dari utara Baghdad.

Kantor berita AP, menayangkan video tentang kondisi kerusakan makam Saddam Hussein akibat perang. ”Ini adalah salah satu daerah, di mana militan ISIS berkumpul, karena makam Saddam ada di sini," kata Kapten Yasser Nu'ma, seorang pejabat milisi Syiah, yang dilansir IB Times, Senin (16/3/2015). ”Militan ISIS menghadang kita dengan menanam bom di sekitar makam,” lanjut dia.

Usai dieksekusi gantung, jenazah Saddam Hussein dimakamkan di desa itu tahun pada tahun 2007. Namun, pada tahun lalu jenazah Saddam Hussein dipindahkan ke lokasi yang tidak diketahui. Pemindahan itu dilakukan para loyalis Saddam karena sudah lama khawatir makam Saddam itu akan jadi medan perang.

Kelompok ISIS juga pernah mengklaim pada bulan Agustus tahun lalu, bahwa makam Saddam Hussein telah hancur. Namun, pejabat Irak kala itu telah membantah klaim ISIS. Menurut mereka informasi yang benar adalah makam itu hanya mengalami kerusakan ringan.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2938 seconds (0.1#10.140)