Tanpa Sepengetahuan Obama, Kongres AS Undang Netanyahu

Kamis, 22 Januari 2015 - 17:08 WIB
Tanpa Sepengetahuan Obama, Kongres AS Undang Netanyahu
Tanpa Sepengetahuan Obama, Kongres AS Undang Netanyahu
A A A
WASHINGTON - Kongres Amerika Serikat (AS) menyatakan telah mengundang Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk berbicara di sidang Kongres pada 11 Februari mendatang. Hal ini dilakukan tanpa sepengatahuan Presiden AS Barack Obama. Gedung Putih pun bereaksi keras dan menilai hal ini sebagai pelanggaran keras terhadap protokoler.

Melansir Al Arabiya, Kamis (22/1/2015), juru bicara Gedung Putih Josh Earnest menyatakan, dalam protokoler Gedung Putih disebutkan, bahwa setiap kedatangan pemimpin negara lain ke AS harus sepengatahuan Obama.

"Protokol akan menyarankan, jika seorang pemimpin akan datang ke negara lain, maka ia harus melakukan kontak dengan pemimpin negara yang bersangkutan, sebelum dia melakukan perjalanan. Undangan ini telah keluar dari protokol tersebut," ucap Earnest dalam sebuah pernyataan.

Namun, anggota DPR AS John Boehner menyatakan, Kongres AS memiliki hak tersendiri untuk mengundang Kepala Negara lain, tanpa perlu berkonsultasi dengan Obama. "Kongres dapat mengambil keputusan ini," ungkap Boehner.

Insiden semakin mengokohkan perseteruan antara Kongres dan Gedung Putih. Sebelumnya, kedua pihak juga berseberangan mengenai isu Iran, dimana kongres ingin segera menjatuhkan saksi pada Iran atas kepemilikan teknologi nukir yang mendapat tentangan dari Gedung Putin.

Sementara Obama menilai sanksi ini akan merusak negoisasi antara lima kekuatan dunia dan Iran terkait masalah ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3310 seconds (0.1#10.140)