Kanada Akui Jadi Lokasi Pertemuan Rahasia AS-Kuba

Kamis, 18 Desember 2014 - 22:27 WIB
Kanada Akui Jadi Lokasi Pertemuan Rahasia AS-Kuba
Kanada Akui Jadi Lokasi Pertemuan Rahasia AS-Kuba
A A A
ONTARIO - Kembali tersambungnya hubungan diplomatik antara Amerika Serikat (AS) dan Kuba ternyata tidak lepas dari peran Kanada. Negara tersebut menjadi lokasi pertemuan rahasia antara AS dan Kuba dalam dua tahun terakhir, sebelum akhirnya tercapai kata sepakat.

"Kami memfasilitasi dengan memberikan tempat bagi kedua negara untuk bisa berdialog dan mengeksplorasi cara untuk memperbaiki hubungan yang sudah lama terputus," kata Perdana Menteri Kanada Stephen Harper.

Melansir Sputnik, Kamis (18/12/2014), Harper mengatakan, pertemuan-pertemuan rahasia tersebut terjadi sebanyak tujuh kali antara tahun 2013 hingga tahun 2014. Pertemuan itu dilangsungkan di dua tempat, yakni di Ottawa dan di wilayah Toronto.

Dirinya juga turut memberikan pandangan mengenai usaha AS untuk bisa memperbaiki hubungan dengan Kuba. Menurutnya, langkah yang diambil oleh AS tersebut terbilang cukup terlambat, bila mengingat betapa lamanya kedua negara putus hubungan diplomatik. Hubungan AS dan Kuba terputus sejak 1961.

“Dalam pandanganya saya, perbaikan hubungan kedua negara sebenarnya cukup terlambat. Sudah lebih dari setengah Abad kedua negara telah putus hubungan, itu terlalu lama,” Harper menambahkan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4184 seconds (0.1#10.140)