Gaet Belanda, Indonesia Latih Para Diplomat Muda

Kamis, 30 Oktober 2014 - 12:56 WIB
Gaet Belanda, Indonesia Latih Para Diplomat Muda
Gaet Belanda, Indonesia Latih Para Diplomat Muda
A A A
JAKARTA - Demi memperkuat kemampuan diplomasi para diplomat muda Indonesia, Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Indonesia menjalin kerjasama dengan Kemlu Belanda.

Kerjasama yang dimaksud adalah terkait kerjasama pendidikan diplomasi. Kerjasama ini dijalin antara Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kemlu dengan Clingendael Institute, Pusdiklatnya Belanda.

Bertempat di salah satu hotel di Jakarta, pada Kamis (30/10/2014), Kepala Pusdiklat Kemlu, Duta Besar Soehardjono Sastromihardjo, mengatakan, sejatinya pelatihan ini sudah ada sejak 2014.

Sedangkan penandatangan perjanjian kerjasama kali ini adalah penandatangan kerjasama lanjutan yang akan berlaku hingga 2017 mendatang.

Senada, Duta Besar Belanda untuk Indonesia, Tjeerd F. de Zwaan, menyatakan pelatihan ini memang sudah berjalan selama sepuluh tahun terakhir. Namun, rencana kerjasama sudah muncul sejak tahun 2003.

"Ide untuk melangsungkan kerjasama ini sudah ada sejak akhir 2003, dan mulai direalisasikan satu tahun kemudian," ungkap de Zwann, dalam sambutannya.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) ini dilakukan oleh Sekertaris Jenderal Kemlu, Duta Besar Kristanto S. Legowo dan de Zwann yang disaksikan oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2816 seconds (0.1#10.140)