Dimasuki Kapal Selam Rusia, Swedia Kerahkan Kapal Perang

Minggu, 19 Oktober 2014 - 16:11 WIB
Dimasuki Kapal Selam Rusia, Swedia Kerahkan Kapal Perang
Dimasuki Kapal Selam Rusia, Swedia Kerahkan Kapal Perang
A A A
STOCKHOLM - Militer Swedia telah mengerahkan pesawat dan kapal perang untuk memburu kapal selam Rusia yang disebut telah masuk ke wilayah laut Swedia.

Militer Swedia menyebut gerakan kapal selam asing itu telah memicu panggilan rahasia darurat pada akhir pekan lalu.

Panggilan darurat itu muncul setelah kapal tanker komersial yang dioperasikan oleh Rusia terlihat berputar-putar di area sempit di perairan Swedia.

Media Swedia melaporkan, misi kapal tanker Rusia yang mencurigakan itu diyakini untuk menemukan kapal selam yang telah mengirim sinyal darurat kepada militer Rusia.

Militer Swedia mengumumkan bahwa kemungkinkan ada "kegiatan asing di bawah luat” di wilayah Swedia, setelah kapal tanker yang dicurigai berbelok ke wilayah timur menuju perairan Rusia.

Menteri Pertahanan Swedia, Peter Hultqvist, mengatakan bahwa ia menerima laporan terbaru dari Angkatan Bersenjata Swedia. Isi laporan itu menyeut ada sekitar 200 tentara Swedia yang dikerahkan setelah ada gerakan kapal asing yang mencurigakan.

”Saya memiliki kepercayaan penuh dalam penilaian mereka,” katanya seperti dikutip kantor berita Swedia, TT.

”Apa yang telah terjadi di Laut Baltik, termasuk serangan udara, menunjukkan bahwa kita memiliki masalah baru untuk mengubah situasi,” imbuh dia, yang dilansir semalam (18/10/2014).

Dari pihak Rusia belum memberikan konfirmasi atas laporan itu. Sedangkan Swedia kini meningkatkan pengamanan di wilayah laut setelah muncul dugaan ada ancaman dari asing di bawah laut.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4144 seconds (0.1#10.140)