Serangan Udara Koalisi Internasional Hantam Basis ISIS

Rabu, 08 Oktober 2014 - 21:24 WIB
Serangan Udara Koalisi Internasional Hantam Basis ISIS
Serangan Udara Koalisi Internasional Hantam Basis ISIS
A A A
KOBANI - Enam serangan udara yang dilancarkan koalisi internasional pimpinan Amerika Serikat (AS) di kota Kobani, dekat perbatasan wilayah Kurdi di Suriah, berhasil menghantam basis ISIS. Serangan ini dilancarkan pada Selasa (7/10/2014) dan Rabu (8/10/2014).

Seperti dilaporkan Reuters, U.S. Central Command (CENTCOM) menyatakan, serangan udara itu berhasil menghancurkan kendaraan pengangkut pasukan, kendaraan bersenjata, dan artileri milik ISIS.

“Serangan udara ini adalah bagian dari sembilan serangan udara yang dilancarkan ke wilayah Suriah dalam dua hari terakhir. Serangan ini melibatkan armada Uni Emirat Arab, yang mengerahkan pesawat pembom dan jet tempur. Semua pesawat meninggalkan area serangan dengan aman,” sebut pernyataan CENTCOM.

Serangan udara ini ditujukan untuk memukul mundur pasukan ISIS, yang sebelumnya telah mengambil alih sebagian wilayah Kobani. ISIS masuk ke Kobani setelah melancarkan serangan selama tiga pekan berturut-turut. Di awal pekan, ISIS telah mengibarkan bendera mereka di Kobani.

Sementara dua serangan udara lainnya menargetkan basis ISIS dekat kota Raqqa, sebuah kota yang menjadi pusat kendali ISIS di Suriah. Menurut CENTCOM, serangan udara di Raqqa menghantam pusat pelatihan. “Serangan udara di dekat Deir al-Zor menghancurkan tank,” lanjut pernyataan itu.

Selain AS, sejumlah negara Barat juga bergabung dalam koalisi internasional ini. Negara-negara tersebut adalah Inggris, Belanda, dan Australia. Serangan juga dilancarkan ke basis ISIS di Irak.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6822 seconds (0.1#10.140)