Kutuk ISIS, Paus: Jangan Ngaku sebagai Senjata Tuhan!

Senin, 22 September 2014 - 10:59 WIB
Kutuk ISIS, Paus: Jangan Ngaku sebagai Senjata Tuhan!
Kutuk ISIS, Paus: Jangan Ngaku sebagai Senjata Tuhan!
A A A
TIRANA - Pemimpin Vatikan, Paus Fransiskus, dalam kunjungannya ke Albania mengutuk aksi kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Di hadapan warga Muslim Albania, dia minta ISIS jangan bertindak sebagai senjata Tuhan.

Paus mengatakan, tidak ada kelompok agama yang menggunakan kekerasan dan penindasan “yang bisa mengaku sebagai senjata Tuhan”.

Dalam kunjungannya itu, Paus memuji Albania yang menjadi model atau contoh kerukunan antar-umat beragama. Sebab, di negara itu, antara komunitas Muslim yang menjadi mayoritas bisa hidup rukun dengan komunitas Kristen.

”Jangan ada yang menganggap diri mereka 'baju besi' Tuhan, sementara merencanakan dan melakukan tindakan kekerasan dan penindasan,” ucap Paus menyindir ISIS. Komentar itu, juga dia sampaikan di istana Presiden Albania, Bujar Nishani, yang merupakan seorang Muslim, di Tirana.

“Semoga tidak ada yang menggunakan agama sebagai alasan untuk tindakan yang menindas martabat manusia dan hak-hak dasar setiap pria dan wanita. Hak di atas semua hak untuk hidup dan hak setiap orang untuk kebebasan beragama,” lanjut Paus, seperti dikutip Reuters, semalam (21/9/2014).

Sebelumnya, Paus Fransiskus, dikabarkan mendapat ancaman pembunuhan dari militan ISIS, karena pernah berkomentar sinis untuk merespons aksi bengis ISIS terhadap warga Kristen di Irak dan Suriah. Ancaman pembunuhan itu diinformasikan seorang duta besar Irak untuk Vatikan. Namun ancaman itu tidak terbukti.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5434 seconds (0.1#10.140)