AS Desak Serbia Tarik Pasukan dari Perbatasan Kosovo

Sabtu, 30 September 2023 - 13:26 WIB
loading...
AS Desak Serbia Tarik Pasukan dari Perbatasan Kosovo
Personel Pasukan Kosovo (KFor) pimpinan NATO di kota perbatasan Kosovo dan Serbia. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mendesak Serbia untuk menarik pasukan dari perbatasannya dengan Kosovo , menyebut hal itu sebagai pembangunan militer besar-besaran.

Dalam beberapa bulan terakhir, ketegangan meningkat antara etnis minoritas Serbia di Kosovo dan komunitas mayoritas Albania.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby menggambarkan pengerahan militer dalam jumlah besar berupa tank dan artileri canggih sebagai perkembangan yang sangat mengganggu stabilitas.

"Ini mengkhawatirkan. Tampaknya bukan hanya sekelompok orang yang berkumpul untuk melakukan hal ini," kata Kirby.

“Kami menyerukan Serbia untuk menarik pasukannya dari perbatasan,” seru Kirby seperti dikutip dari BBC, Sabtu (30/9/2023).

Kirby mengatakan penambahan pasukan telah terjadi dalam seminggu terakhir, namun tujuannya belum jelas.

Dia menambahkan bahwa Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken telah menelepon Presiden Serbia Aleksandar Vucic untuk mendesak deeskalasi segera dan kembali ke meja dialog.

Kirby juga mengatakan bahwa Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan berbicara dengan Perdana Menteri Kosovo, Albin Kurti.

Vucic tidak secara langsung menyangkal adanya penambahan pasukan baru-baru ini, namun menolak klaim bahwa pasukan negaranya dalam keadaan siaga.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)