Akan Meletus, Gunung Mayon di Filipina Muntahkan Lava

Rabu, 17 September 2014 - 15:59 WIB
Akan Meletus, Gunung Mayon di Filipina Muntahkan Lava
Akan Meletus, Gunung Mayon di Filipina Muntahkan Lava
A A A
MANILA - Gunung berapi Mayon di Filipina memuntahkan lava pijar hari ini (17/9/2014), dan diyakini akan meletus. Sekitar 8 ribu orang dari targetnya 50 ribu orang telah dievakuasi.

Para warga di sekitar Gunung Mayon dievakuasi secara cepat dengan truk dan minibus. Tentara Filipina juga bergerak cepat dengan mendatangi setiap rumah untuk meminta warga mengungsi.

Sebelum memuntahkan lava pijar hari ini, Gunung Mayon sudah berstatus siaga tertinggi pada hari Senin lalu. Lava pijar tampak mengalir di sepanjang kawah Gunung Mayon.

Direktur Pertahanan Sipil setempat, Bernardo Alejandro, mengatakan, operasi evakuasi warga diperkirakan akan berlangsung hingga tiga hari. Operasi evakuasi tersebut menguras dana bantuan bencana dan tenaga kerja di Provinsi Albay, yang sebelumnya juga dilanda topan besar.

”Provinsi ini dapat menampung mereka (di pusat-pusat evakuasi) tidak lebih dari sebulan. Kita tidak bisa membuang semua dana bencana kami pada korban Mayon,” kata Alejandro, kepada AFP.

Direktur badan vulkanologi Filipina, Renato Solidum, mengatakan magma bergerak naik ke kawah setiap hari, meskipun untuk saat status gunung tersebut siaga tingkat tiga. Jika benar-benar meletus hebat, status gunung itu menjadi siaga tingkat lima.

Gunung itu pernah meletus pada Mei 2013 dan menewaskan empat wisatawan asing dan pemandu wisata lokal.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4242 seconds (0.1#10.140)