Teka-teki Bendera Inggris jika Skotlandia Pisah

Sabtu, 13 September 2014 - 12:49 WIB
Teka-teki Bendera Inggris jika Skotlandia Pisah
Teka-teki Bendera Inggris jika Skotlandia Pisah
A A A
LONDON - Ahli bendera terkemuka Inggris kini telah telah mendesain ulang bendera Inggris, Union Jack, setelah suara tuntutan referendum kemerdekaan Skotlandia semakin nyaring.

Jika dalam referendum yang rencananya digelar 18 September 2014, suara “Ya” untuk Skotlandia merdeka, praktis desain bendera Inggris akan berubah. Sebab, jika suara “Ya” yang menang maka Skotlandia resmi pisah dari Inggris.

Charles Ashburner, Chief Executive Flag Institute, mengaku sudah bersiap untuk mendesain bendera baru Inggris. Skotlandia yang diwakili warna biru pada Union Jack, kemungkinan akan dihapus dan diganti dengan warna hitam dan kuning. (Baca: Tuntutan Skotlandia Merdeka Menguat, Inggris Panik)

“Ada begitu banyak kemungkinan yang berbeda untuk desain bendera, jika Skotlandia harus mandiri (merdeka),” kata Ashburner.

”Setiap desain yang dihasilkan akan memakan waktu lama untuk mencari tahu, dan kita tidak dapat membuat rekomendasi untuk bendera baru. Kita hanya menunjukkan kemungkinan-kemungkinan baru,” katanya lagi.

”Gambar yang paling mungkin adalah dengan menghapus warna biru bendera Skotlandia dari latar belakang (bendera Inggris) dan mungkin menggantinya dengan warna hitam, yang merupakan warna dasar untuk bendera St David,” imbuh ahli bendera Inggris itu, semalam seperti dikutip Mirror.

”Ini juga memungkinkan akan menggunakan warna kuning serta hitam karena ini juga merupakan bagian bendera St David.”

Menurutnya, ada banyak manfaat praktis untuk desain bendera baru Inggris. Pertama, akan menghilangkan Skotlandia dari bendera Union Jack. ”Kedua hal itu akan memungkinkan simbol Wales untuk mewakili pertama kalinya.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5084 seconds (0.1#10.140)