Biden: AS Dukung Sistem Federal di Irak

Sabtu, 23 Agustus 2014 - 19:53 WIB
Biden: AS Dukung Sistem Federal di Irak
Biden: AS Dukung Sistem Federal di Irak
A A A
WASHINGTON - Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, menyatakan dukungan terhadap pembentukan sistem federal di Irak. Biden merupakan salah satu orang yang sejak dulu mendukung sistem semacan ini diterapkan di Irak.

Melansir Al Arabiya, Sabtu (23/8/2014), dalam sisitem ini Irak akan dipecah menjadi tiga negara semi otonom. Tiga negara itu antara lain, wilayah Kurdi, Syiah, dan Sunni. Dirinya menegaskan AS akan membantu Irak bila benar-benar ingin mengadopsi sistem ini.’

"AS akan siap untuk menawarkan pelatihan dan bantuan lain berdasarkan Perjanjian Kerangka Kerja Strategis untuk membantu model seperti itu berhasil," ungkap Biden. Menurutnya, sistem ini akan meminimalisir gesekan sektarian yang kerap terjadi di Irak.

"Sistem ini akan menjamin keadilan untuk semua provinsi dan juga memberikan kesempatan untuk membangun daerah masing-masing. Setiap wilayah juga bisa memiliki keuatan militer mereka sendiri yang pada akhirnya bisa mempersempit ruang gerak ISIS," Biden menambahkan.

Dia juga menegaskan, AS tidak akan memberikan bantuan atau turut campur dalam proses pembentukan sistem federal, bila Irak tidak meminta bantuan. “Bila Irak bisa melakukan ini sendiri, maka intervensi dari luar tidak akan dibutuhkan,” ucapnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4091 seconds (0.1#10.140)