Ketakutan, Israel Pakai Robot untuk Lacak Terowongan Gaza

Jum'at, 01 Agustus 2014 - 10:44 WIB
Ketakutan, Israel Pakai Robot untuk Lacak Terowongan Gaza
Ketakutan, Israel Pakai Robot untuk Lacak Terowongan Gaza
A A A
GAZA - Pemerintah Israel yang ketakutan dengan aksi militan Gaza melalui terowongan rahasia, terus melacak keberadaan sejumlah terowongan itu.

Militer Israel bahkan menggunakan robot dan anjing pelacak, setelah sejumlah tentara Israel tewas terkena ranjau di dalam terowongan.

Militer Israel mengakui tidak mudah untuk mengakses terowongan-terowongan di Gaza. Selain banyak jebakan ranjau, kondisi terowongan-terowongan di Gaza sangat gelap.

Seorang aparat militer Israel kepada Reuters, Jumat (1/8/2014), mengatakan butuh waktu beberapa hari untuk mencapai lokasi sebuah terowongan di Gaza. (Baca: Mengintip Terowongan Gaza yang Membuat Israel Ketakutan)

Para ahli Israel kaget melihat kondisi bangunan terowongan. Selain dilapisi beton, terowongan di Gaza juga tembus ke wilayah Israel yang jarang diketahui.

Di Gaza selatan, sudah ada tiga tentara Israel yang tewas pada Rabu lalu, ketika mencoba mengakses sebuah terowongan. Mereka tewas terjebak di dalam terowongan yang terdapat bahan peledak. (Baca juga: Israel Kobarkan Hari Penghancuran Terowongan Gaza)

”Kami tidak menempatkan orang-orang di terowongan. Ada terlalu banyak jebakan yang berisiko,” kata seorang tentara Israel dengan nama depan Tomer.

Sekitar 32 terowongan di Gaza yang sudah terlacak Israel. Beberapa di antaranya sedalam 25 meter. Puluhan terowongan juga ditemukan Israel sejak pasukan darat mereka menginvasi Jalur Gaza, menyusul serangan udara dan laut yang diluncurkan sejak 8 Juli 2014.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4488 seconds (0.1#10.140)