Israel Perpanjang Masa Gencatan Senjata, Hamas Menolak

Minggu, 27 Juli 2014 - 17:57 WIB
Israel Perpanjang Masa Gencatan Senjata, Hamas Menolak
Israel Perpanjang Masa Gencatan Senjata, Hamas Menolak
A A A
YARUSALEM - Pemerintah Israel pada Minggu (27/7/2014) memutuskan untuk terus memperpanjang gencatan senjata kemanusiaan di Gaza. Gencatan senjata ini merupakan permintaan langsung dari PBB.

“Atas permintaan dari PBB, kabinet telah menyetujui untuk memperpanjang gencatan senjata kemanusiaan hingga Minggu tengah malam,” ungkap seorang pejabat pemerintahan Israel dalam kondisi anonim.

Melansir RIANOVOSTI, di lain sisi Hamas menolak perpanjangan masa gencatan senajata ini. Hal ini dikarenakan Israel enggan menarik semua pasukannya yang berada di wilayah jalur Gaza. Menurut Hamas, akan sia-sia bila gencatan senjata tidak diikuti dengan penarikan mundur pasukan.

Pasukan khusus Israel (IDF) sendiri dikabarkan melarang para warga di Gaza untuk kembali ke rumah mereka, walaupun gencatan senjata sudah resmi diberlakukan. Ini juga yang menjadi salah satu alasan Hamas untuk tidak memperpanjang masa gencatan senjata.

“Tidak akan ada gencatan senjata kemanusia di Gaza, bila tank-tank Israel terus bersiaga. Para warga tidak bebas untuk kembali ke rumah mereka dan ambulans kesulitan untuk mengevakuasi korban,” ungkap salah seorang juru bicara Hamas.

Hamas terus melancarkan serangan terhadap wilayah Israel semenjak gencatan senjata 12 jam yang mereka sepakati berakhir dini hari tadi. Tiga roket Hamas dilaporkan mendarat di wilayah Israel, namun tidak menyebabkan kerusakan berati.

Pihak Israel menegaskan, mereka tidak akan tinggal diam bila Hamas terus melancarkan serangan di tengah masa gencatan senjata. Menurut salah seorang pejabat Israel, setiap tindakan provoatif Hamas akan mendapatkan bayaran yang setimpal.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3621 seconds (0.1#10.140)