Pakistan Protes Kegiatan Mata-mata AS

Minggu, 06 Juli 2014 - 17:51 WIB
Pakistan Protes Kegiatan Mata-mata AS
Pakistan Protes Kegiatan Mata-mata AS
A A A
ISLAMABAD - Partai oposisi Pakistan, Partai Rakyat Pakistan (PPP) secara resmi menyatakan protes pada Kedutaan Amerika Serikat (AS) yang berada di Pakistan. Protes ini dilakukan atas dugaan kegiatan mata-mata yang dilakukan AS pada mereka tahun 2010 lalu.

Melansir Xinhua, Minggu (6/7/2014), menurut laporan Washington Post, National Security Agency (NSA) dikabarkan telah mematai-matai PPP pada tahun 2010 lalu, saat mereka masih memerintah di Pakistan.

Dalam laporan itu, berdasarkan sertifikasi yang disetujui pengadilan tinggi intelijen asing AS, NSA diizinkan untuk memata-matai 193 pemerintah asing serta faksi-faksi asing, organisasi politik dan entitas lain.

“Protes resmi dikomunikasikan melalui surat yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal partai, Raja Pervez Ashraf kepada Duta besar AS di Islamabad, Richard Olson,” ungkap Juru bicara PPP, Senator Farhatullah Babar.

“Tindakan ini sangat serius, tidak beralasan dan benar-benar tidak dapat diterima. Ini adalah gangguan dalam urusan partai politik suatu negara yang berdaulat dan bertentangan dengan hukum internasiona serta melanggar norma-norma diplomatik," Babar menambahkan.

"PPP sangat membenci dan menyesalkan sikap sombong pemerintah AS," tegas Babar. Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Pakistan juga telah mengajukan protes secara resmi kepada AS atas laporan mata-mata di negara mereka.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3772 seconds (0.1#10.140)