Beredar Video Kapal China Karamkan Kapal Vietnam

Kamis, 05 Juni 2014 - 20:50 WIB
Beredar Video Kapal China Karamkan Kapal Vietnam
Beredar Video Kapal China Karamkan Kapal Vietnam
A A A
HANOI - Televisi pemerintah Vietnam menyiarkan sebuah video yang cukup mengejutkan. Dalam video tersebut terlihat dengan jelas sebuah kapal China menabrak kapal kecil yang diduga milik nelayan Vietnam. Insiden ini terjadi tidak jauh dari lokasi kilang minyak di wilayah laut sengketa.

Seperti dilansir VOA, Kamis (5/6/2014), kedua belah pihak, China dan Vietnam saling melemparkan tuduhan atas insiden yang terjadi pada 26 Mei lalu tersebut.

Hal tersebut membuat hubungan kedua negara semakin menegang.

"Gambar-gambar terbaru yang direkam oleh nelayan Vietnam pada saat memancing, kapal DNA 90.152 tenggelam oleh kapal Cina dan menjadi bukti tak terbantahkan dari tindakan yang tidak manusiawi dari China terhadap nelayan Vietnam," papar laporan televisi Vietnam.

Video tersebut tampak diambil dalam jarak yang cukup dekat, di mana terlihat dua kapal kecil milik nelayan Vietnam dan satu kapal besar milik China. Kapal terdekat dengan kapal China itupun akhirnya tenggelam setelah tertabrak oleh kapal China tersebut,

Menurut laporan otoritas setempat, kapal nelayan terdekat akhirnya berusaha menyelamatkan 10 anak buah kapal dari kapal tenggelam tersebut. Ketengangan di Laut China Selatan terjadi setelah China dan Vietnam sama-sama mengkalim pemilik wilayah kaya minyak itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3968 seconds (0.1#10.140)