Usai Porak Porandakan China, Topan Talim Hantam Vietnam

Selasa, 18 Juli 2023 - 18:51 WIB
loading...
Usai Porak Porandakan China, Topan Talim Hantam Vietnam
Usai porak porandakan China, topan Talim hantam Vietnam dengan kekuatan yang lebih kecil. Foto/Ilustrasi
A A A
HANOI - Topan Talim menghantam Vietnam pada Selasa (18/7/2023) setelah melewati China dengan kekuatan yang lebih kecil daripada yang dikhawatirkan. Tidak ada korban jiwa di kedua negara meskipun hampir 260.000 orang dievakuasi sebelum badai menerjang.

Topan Talim pertama kali mendarat di China selatan pada Senin malam, menerjang pantai provinsi Guangdong dengan kecepatan angin maksimum 136,8 km per jam.

Pada hari Selasa badai itu telah melemah menjadi badai tropis saat perlahan-lahan melintasi pulau Bach Long Vi di Vietnam sebelum bergerak menuju wilayah tetangga Guangxi di China.

Badai itu melewati Bach Long Vi, sebuah pulau terpencil di sebelah timur ibu kota Hanoi, dengan kecepatan angin maksimum sekitar 60 km per jam, kata biro cuaca nasional Vietnam.



Pihak berwenang mencabut perintah evakuasi di kota pelabuhan utara Hai Phong, sehari setelah 30.000 orang dipindahkan dari sana dan provinsi Quang Ninh.

"Aktivitas masyarakat telah kembali normal di kota," lapor surat kabar pemerintah Thanh Nien seperti dikutip dari Channel News Asia.

Tetapi bandara terbesar kedua Vietnam di Hanoi ditutup pada hari Selasa, mengganggu ratusan penerbangan menurut laporan media lokal.

Pihak berwenang memperingatkan bahwa hujan lebat, banjir, dan tanah longsor masih dapat menimbulkan risiko di provinsi utara setelah badai berlalu.

Kantor berita negara China, Xinhua, Selasa mengatakan bahwa hampir 230.000 orang dievakuasi dari rumah mereka di Guangdong menjelang badai menghantam yang diperkirakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)