Vietnam: Latihan Militer Beijing Ganggu Negosiasi Kode Perilaku di LCS

loading...
Vietnam: Latihan Militer Beijing Ganggu Negosiasi Kode Perilaku di LCS
Vietnam menyatakan latihan militer yang dilakukan oleh Beijing di Laut China Selatan akan mengganggu negosiasi kode perilaku maritim (CoC). Foto/REUTERS
HANOI - Vietnam menyatakan latihan militer yang dilakukan oleh Beijing di Laut China Selatan akan mengganggu negosiasi kode perilaku maritim (CoC). CoC adalah kesepakatan yang tengah dibahas oleh ASEAN dan China mengenai bagaimana berperilaku di kawasan yang menjadi sengketa sejumlah negara tersebut.

China pada awal pekan ini memulai lima latihan militer secara bersamaan di berbagai bagian pantainya, termasuk dua latihan di dekat Kepulauan Paracel di Laut China Selatan yang juga diklaim oleh Vietnam. ( Baca juga: KRI Usman Harun Tangkap Dua Kapal Ikan Vietnam di Laut Natuna Utara )

"Latihan tersebut dapat mempersulit upaya untuk memulai kembali pembicaraan tentang kode yang telah lama ditunggu antara China dan ASEAN," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Vietnam, Le Thi Thu Hang.

"Dimulainya kembali perundingan CoC setelah jeda cukup lama karena pandemi (virus Corona) menjadi prioritas negara-negara ASEAN dan China," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Channel News Asia pada Kamis (1/10/2020).

Vietnam, jelasnya, berbagi prioritas itu dan berharap untuk menyelesaikan CoC dengan cara yang efektif dan komprehensif, sejalan dengan hukum internasional. ( Baca juga: Jadi Negara Adidaya, Presiden Xi Jinping Perkuat Geopolitik China )

Beijing, dalam beberapa bulan terakhir meningkatkan kehadirannya dan mengadakan latihan di Laut China Selatan, pada saat negara-negara lain yang juga mengklaim wilayah itu tengah berjuang melawan wabah virus Corona.

(esn)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top