Eropa

Cegah agresi Rusia ke Ukraina, kapal perang AS siaga

Sabtu,  8 Maret 2014  −  18:15 WIB
Cegah agresi Rusia ke Ukraina, kapal perang AS siaga
Kapal perang Amerika Serikat penghancur rudal jenis USS Truxtun (Wikipedia)

Sindonews.com – Kapal perang penghancur rudal milik Amerik Serikat (AS), yakni USS Truxtun, telah melewati memasuki Laut Hitam usai melewati wilayah Bosphorus, Turki. Kehadiran kepal perang AS itu, bertepatan dengan persiapan rakyat Crimea dalam mengikuti referendum untuk bergabung ke Rusia atau Ukraina.
 
Militer AS kemarin mengklaim kapal perang itu siaga di Laut Hitam untuk latihan militer dengan pasukan Bulgaria dan Rumania. Namun, Fox News melaporkan, kehadiran kapal perang AS itu, sejatinya untuk memperkuat NATO di Laut Hitam. ”Guna melawan agresi militer Rusia di Ukraina,” tulis media AS tersebut.
 
Kapal itu memiliki awak sekitar 300 personel dan merupakan bagian dari kelompok kapal induk yang bertolak dari AS pada pertengahan Februari 2014 lalu.
 
Pada Jumat malam, Dmitry Peskov, juru bicara Presiden Rusia, Vladimir Putin, memperingatkan kemungkinan adanya pembersihan warga etnis Rusia di Crimea oleh orang-orang yang melakukan kudeta terhadap Presiden Viktor Yanukovych di Ukraina.
 
“(Warga) Crimea dan wilayah timur Ukraina takut, mereka meminta bantuan kepada Rusia,” kata Peskov, seperti dikutip Rusia Today, Sabtu (8/3/2014). ”Kami sepenuhnya memahami kekhawatiran bahwa sekarang kondisi itu berlaku di timur (Ukraina).”


(mas)

views: 4.526x
shadow