Amnesty: Ada upaya pembersihan etnis Muslim CAR

Rabu, 12 Februari 2014 - 11:25 WIB
Amnesty: Ada upaya pembersihan etnis Muslim CAR
Amnesty: Ada upaya pembersihan etnis Muslim CAR
A A A
Sindonews.com – Kelompok Amnesty Internasional mengatakan, para militan anti - Balaka di Republik Afrika Tengah (CAR), berupaya untuk membersihkan etnis Muslim di negara itu. Laporan Amnesty itu dirilis dengan mengutip kesaksian dari para korban kekerasan di negara tersebut.

“Dampak dari serangan kekerasan adalah eksodus Muslim yang jadi momen bersejarah,” kata Joanne Mariner, penasihat senior untuk Amnesty International dalam laporannya, seperti dikutip Al-Jazeera, Rabu (12/2/2014).

Laporan Amnesty yang diterbitkan pada Selasa kemarin, juga menjadi kritik atas lambannya respon masyarakat internasional terhadap krisis di CAR. Amnesty menyayangkan, bahwa pasukan penjaga perdamaian di negara itu, enggan untuk melawan aksi para militan anti – Balaka.

Kelompok itu juga mengecam para pasukan penjaga perdamaian yang lamban dalam melindungi etnis minoritas Muslim CAR.

Salah satu bunyi laporan Amnesty, adalah testimoni seorang anak bernama Abdul Rahman yang menjadi saksi hidup aksi kekerasan di CAR. Anak itu menceritakan, kelompok militan anti-Balaka mencegat sebuah truk yang ditumpanginya bersama para warga lain pada 14 Januari 2014.

Para militan itu kemudian memerintahkan agar para warga etnis Muslim turun dari truk. Kelompok itu kemudian membunuh enam orang, termasuk tiga wanita dan seorang anak kecil.

PBB, kemarin juga mengecam kelompok militan anti-Balaka yang mempersenjatai diri dalam konflik di CAR. Sedangkan warga etnis Muslim menuduh pasukan penjaga perdamaian Perancis dan Afrika gagal untuk melucuti senjata para militan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5123 seconds (0.1#10.140)