Kebakaran di tambang emas Afsel tewaskan 8 orang

Jum'at, 07 Februari 2014 - 04:02 WIB
Kebakaran di tambang emas Afsel tewaskan 8 orang
Kebakaran di tambang emas Afsel tewaskan 8 orang
A A A
Sindonews.com – Setidaknya 8 orang penambang tewas ketika terjadi kebakaran dan runtuhnya batu-batu di tambang emas Harmony, dekat kota Johannesburg, Afrika Selatan, Kamis (6/2/2014). Ini adalah kecelakaan tambang terburuk di Afsel dalam kurun 5 tahun terakhir.

Menteri Sumber Daya Mineral Afsel, Susan Shabangu, memerintahkan penyelidikan atas insiden tersebut. Laporan awal menyatakan, kebakaran itu dipicu oleh gempa kecil. "Situasi ini sangat disesalkan," kata Shabangu.

"Kita harus memastikan, bahwa kita melakukan semua yang kami bisa untuk mendapatkan bukti apa yang menyebabkan insiden ini untuk mencegah kejadian serupa di masa mendatang," lanjutnya, seperti dikutip dari Reuters.

Tim penyelamat telah berhasil menemukan delapan mayat dan masih terus mencari penambang yang hilang. Tim penyelamat berjuang menerobos asap dan puing-puing hampir satu mil di bawah tanah untuk mencapai delapan penambang lainnya yang berhasil melarikan diri ke sebuah loksi perlindungan yang dilengkapi dengan telepon dan perlengkapan bertahan hidup lainnya.

Tambang emas Afrika Selatan adalah yang terdalam di dunia dan menduduki peringkat sebagai tambang yang paling berbahaya selama era berlakunya sistem apartheid di negara itu. Pada Juli 2009, sembilan penambang Afsel ewas akibat kecelakaan tambang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3498 seconds (0.1#10.140)