Pemberontak Kolombia umumkan gencatan senjata selama 30 hari

Senin, 09 Desember 2013 - 17:37 WIB
Pemberontak Kolombia umumkan gencatan senjata selama 30 hari
Pemberontak Kolombia umumkan gencatan senjata selama 30 hari
A A A
Sindonews.com - FARC, pemberontak Kolombia pada Minggu (8/12/2013) menyatakan gencatan senjata kepada Pemerintah Kolombia selama 30 hari kedepan. FARC kemudian mendesak Pemerintah Kolombia melakukan hal yang sama.

Dalam sebuah konferensi pers di Bogota, lokasi perundingan damai pemerintah Kolombia dan FARC, Juru Bicara FARC, Pablo Catatumbo mengatakan, pada 15 Desember mendatang, FARC efektif melakukan gencatang senjata.

"Secara sepihak kami menyatakan gencatan senjata kepada semua unit kami untuk menghentikan penembakan dan tindakan bermusuhan selama 30 hari ke depan," ungkap Catatumbo.

Dalam kesempatan tersebut, Catatumbo juga memperingatkan kepada para pejuang FARC untuk tetap waspada jika musuh tetap melancarkan operasi dan selalu siap untuk menanggapi setiap serangan tanpa penundaan. "Kami berharap, pemerintah melakukan hal serupa seperti yang kami lakukan, menangguhkan operasi," imbuh Catatumbo.

Pengumuman yang disampaikan Catatumbo datang selama FARC dan negosiator Pemerintah Kolombia melakukan perundingan damai putaran terakhir di Bogota. Saat ini, pembicaraan damai antara Pemerintah Kolombia dengan FARC di Kuba masih terus bergulir. Meski negosiasi damai tengah diupayakan, namun Pemerintah Kolombia memang menyatakan tetap akan melakukan operasi militer terhadap basis FARC.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4568 seconds (0.1#10.140)