AL Thailand turun tangan atasi tumpahan kebocoran pipa minyak

Minggu, 28 Juli 2013 - 19:05 WIB
AL Thailand turun tangan atasi tumpahan kebocoran pipa minyak
AL Thailand turun tangan atasi tumpahan kebocoran pipa minyak
A A A
Sindonews.com - Sejumlah kapal milik Angkatan Laut (AL) Thailand bergabung menghentikan kebocoran ratusan barel minyak dari pipa di teluk Thailand, sebelum akhirnya menjangkau wilayah pantai Thailand, Minggu (28/7/2013).

Operator PTT Global Chemical mengtakan, sekitar 50 ribu liter minyak tumpah, di 20 km dari lepas pantai Provinsi Rayong. Raksasa perusahaan minyak Thailand itu mengatakan, sebanyak 10 kapal AL Thailand kini tengah mencoba membersihkan kebocoran itu.

"Foto yang diambil dari udara pada Minggu pagi ini menunjukan, upaya penanganan itu menunjukan hasil, terlihat hasil tumpahan minyak mengalami pengurangan. Diperkirakan, ada sekitar 20 ribu liter minyak yang telah hilang dari laut," ungkap PTT Global Chemical dalam sebuah pernyataan.

Namun, pada waktu bersamaan, ada kekhawatiran akan efek yang ditimbulkan dari bahan kimia yang digunakan untuk memecah minyak mentah itu.

"Kami masih khawatir dengan efek yang nanti ditimbulkan dari bahan kimia itu. Meskipun kebocoran itu nantinya tidak akan mencapai wilayah karan dan pantai," ungkap Phuchong Saritsadeechaikol, Direktur Kelautan dan Konservasi Pusat Kelautan wilayah pesisir di Rayong.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4861 seconds (0.1#10.140)