Polisi Saudi Arabia bentrok dengan pengunjuk rasa

Sabtu, 28 Juli 2012 - 17:58 WIB
Polisi Saudi Arabia bentrok dengan pengunjuk rasa
Polisi Saudi Arabia bentrok dengan pengunjuk rasa
A A A
Sindonews.com - Ribuan orang di wilayah Arab Saudi turun ke jalan di kota Qatif mengeluhkan sikap diskriminasi yang dilakukan oleh penguasa terhadap kelompok minoritas Syiah.

Seperti diberitakan dalam Globaltimes Sabtu, (28/7/2012) aksi demonstrasi berlangsung damai menjadi ricuh setelah para demostran membakar sejumlah ban dan melemparkan bom molotov, hingga akhirnya terlibat bentrok dengan polisi. Akibatnya, polisi Arab Saudi terpaksa menangkap beberapa orang pengunjuk rasa.

Sementara itu, Juru bicara Kementerian Dalam Negeri mengatakan, polisi telah menahan 89 orang diantara mereka adalah penghasut kerusuhan.

Salah satu diantara perusuh yang ditahan adalah, Mohammed al-Shakhouri salah satu dari 23 orang yang paling di cari di kota Qatif.

Beberapa orang diantara pengunjuk rasa juga dilaporkan menderita luka-luka setelah terlibat bentrok dengan aparat keamanan.

Kelompok minoritas Syiah sejak setahun lalu telah beberapa kali terlibat bentrok dengan polisi Saudi Arabia di bagian timur. Mereka mengeluhkan sikap diskriminasi yang dilakukan oleh penguasa Sunni.

Sementara itu, pemerintah Saudi Arabia sendiri melihat ketegangan tersebut sebagai usaha perjuangan regional. Pemerintah Arab Saudi juga menuduh pemerintah Iran sebagai dalang dibalik kerusuhan ini.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5229 seconds (0.1#10.140)