Pasukan Irak Kuasai Penuh Mosul Timur

Kamis, 19 Januari 2017 - 12:32 WIB
Pasukan Irak Kuasai Penuh Mosul Timur
Pasukan Irak Kuasai Penuh Mosul Timur
A A A
BAGHDAD - Angkatan Bersenjata Irak mengatakan mereka sekarang telah mengontrol penuh wilayah timur Mosul. Kabar ini adalah perkembangan yang baik dalam pertempuran berdarah dengan ISIS untuk merebut kembali kota terbesar kedua di negara itu.

Komandan pasukan kontra terorisme Irak, Letjen Thalib Shaghati mengatakan, pencapaian itu merupakan kemenangan besar. Pernyataan Shaghati itu menggambarkan keberhasilan pasukan Irak yang belum pernah terjadi sebelumnya seperti dikutip dari USA Today, Kamis (19/1/2017).

Shaghatai mengatkan kini pihaknya sedang menyusun rencana untuk merebut kembali bagian barat kota itu. Namun ia tidak merinci kapan operasi itu akan dimulai.

Sebelumnya juru bicara militer Amerika Serikat (AS) di Baghdad, Kolonel John Dorrian, memperkirakan bahwa 85 sampai 90 persen wilayah timur Mosul telah dibersihkan dari militan ISIS.

Ia juga menyatakan bahwa merebut kembali bagian barat kota akan sulit. Pasukan Irak mungkin harus menggunakan jembatan sementara untuk menyebrangi sungai di bahwa tembakan. Kemudian mereka harus berjuang melalui lingkungan yang padat. Belum lagi kekuatan lain yang datang dari utara dan barat.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4746 seconds (0.1#10.140)