Jenderal Irak Sebut 70% Mosul Timur Berhasil Direbut dari ISIS

Kamis, 05 Januari 2017 - 19:00 WIB
Jenderal Irak Sebut 70% Mosul Timur Berhasil Direbut dari ISIS
Jenderal Irak Sebut 70% Mosul Timur Berhasil Direbut dari ISIS
A A A
ERBIL - Pasukan Irak telah merebut kembali sekitar 70 persen dari Mosul timur dari militan ISIS dan berharap dapat mencapai sungai yang membelah kota dalam beberapa hari mendatangan. Begitu pernyataan komandan operasi gabungan Irak.

Letnan Jenderal Thalib Shaghati mengatakan kerja sama dari warga membantu mereka untuk terus bergerak maju menghadapi ISIS. "Kira-kira 65-70 persen dari sisi timur telah dibebaskan. Saya pikir dalam beberapa hari mendatang kita akan melihat pembebasan sepenuhnya sisi timur," kata Shaghati seperti dikutip dari Reuters, Kamis (5/1/2017).

Sementara menurut Shaghati bagian barat kota tetap berada di bawah kontrol penuh dari ISIS. Militan ISIS berjuang untuk mempertahankan wilayah terbesar dari Mosul dengan menempatkan penembak jitu dan bom mobil bunuh diri.

Komandan koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) yang mendukung aksi ofensif Irak mengatakan mereka meningkatkan momentum karena sebagian besar koordinasi antara tentara dan pasukan keamanan telah terjalin dengan baik. Ia juga mengatakan Irak telah meningkatkan kemampuan mereka untuk bertahan dari serangan bom mobil ISIS.

Operasi pembebasan Mosul melibatkan 100 ribu kekuatan darat. Mereka terdiri dari pasukan pemerinta Irak, anggota pasukan keamanan otonomi Kurdi, dan militan Syiah. Pertempuran Mosul adalah pertempuran paling kompleks di Irak sejak invasi pimpinan AS pada 2003.

Meskipun jauh kalah dalam jumlah, para militan ISIS menggunakan medan perkotaan untuk keuntungan mereka. Militan ISIS menyembunyikan bom mobil di gang-gang sempit, menempatkan penembak jitu di gedung-gedung tinggi dengan warga sipil di lantai bawah, membuat terowongan dan jalan antara bangunan. Mereka juga membaur di antara penduduk setempat.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5517 seconds (0.1#10.140)