PBB: Pasukan Suriah Mungkin Rebut Aleppo Sebelum Akhir Tahun

Minggu, 04 Desember 2016 - 18:19 WIB
PBB: Pasukan Suriah Mungkin Rebut Aleppo Sebelum Akhir Tahun
PBB: Pasukan Suriah Mungkin Rebut Aleppo Sebelum Akhir Tahun
A A A
ROMA - Utusan khusus PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura mengatakan, pasukan Suriah kemungkinan besar akan sukses merebut Aleppo timur dari tangan pemberontak dan ISIS sebelum pergantian tahun.
"Aleppo timur mungkin jatuh ke tangan pasukan pemerintah Suriah pada akhir tahun ini. Kami berharap tidak ada pertempuran yang mengerikan terjadi dalam prosesnya," kata de Mistura saat berbicara di Roma, seperti dilansir Al Arabiya pada Minggu (4/12).
Saat ini pasukan pemerintah Suriah dilaporkan sudah berhasil merebut lebih dari separuh Aleppo timur, dari tangan pemberontak Suriah dan juga sejumlah kelompok teroris seperti ISIS dan al-Nusra.
Komentar de Mistura ini sendiri muncul bertepatan dengan pernyataan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov terkait penarikan semua pasukan oposisi dari Timur Aleppo. Pernyataan Lavrov tersebut datang setelah terjadi antara dia dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Sergei Lavrov.
"Kami siap untuk segera mengirim ahli militer, diplomat kami ke Jenewa untuk menyetujui tindakan saling menguntungkan dengan rekan-rekan Amerika kami untuk memastikan penarikan mundur semua pemberontak tanpa pengecualian dari Aleppo timur," kata Lavrov.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2818 seconds (0.1#10.140)