alexa snippet

Politisi Pro-Rusia Maju sebagai Capres Prancis

Politisi Pro-Rusia Maju sebagai Capres Prancis
Politisi pro-Rusia, Francois Fillon dipastikan akan maju sebagai calon Presiden Prancis dari Partai Republik. Foto/Sputnik
A+ A-
PARIS - Politisi pro-Rusia,  Francois Fillon dipastikan akan maju sebagai calon Presiden Prancis dari Partai Republik. Kepastian ini didapat setelah Fillon berhasil memenangkan primari Partai Republik Prancis.

Melansir Sputnik pada Senin (28/11), mantan Perdana Menteri Prancis itu unggul jauh dari saingannya Alain Juppe. Fillon berhasil mendapatkan 66,5 persen suara, sedangkan Juppe hanya mendapatkan 33,5 persen suara.

Menurut sebuah survei yang digelar oleh Elabe dan disampaikan oleh televisi Prancis, BFMTV, sekitar 4,2 dan 4,6 juta orang diperkirakan turut ambil bagian dalam pemungutan suara tersebut.

Sementara itu, Partai Sosialis, yang memegang pemerintahan saat ini akan memilih calon Presiden pada bulan Januari mendatang. Diperkirakan akan banyak calon yang maju, yang bukan berasal dari lingkaran Partai Sosialis, mengingat tidak adanya tokoh yang kuat dari dalam lingkaran Partai. 

Pemimpin sayap kanan Prancis Marine Le-Pen diprediksi akan ikut mencalonkan diri dalam pemilihan capres di Partai Sosialis.

Pemilihan Presiden di Prancis sendiri dijadwalkan akan digelar pada awal tahun mendatang. Pemilihan akan diselenggarakan dalam dua putaran, yakni pada bulan April dan bulan Mei 2017.



(esn)
dibaca 11.058x
loading gif
Top