alexa snippet

Pasukan Somalia Rebut Kembali Desa Kunci dari Al-Shabaab

Pasukan Somalia Rebut Kembali Desa Kunci dari Al-Shabaab
Pasukan Somalia berhasil merebut desa kunci di barat daya negara itu dari tangan Al-Shabaab. Foto/Istimewa
A+ A-
MOGADISHU - Tentara Nasional Somalia (SNA) yang didukung oleh pasukan Angkatan Udara (AU) merebut kembali desa El-Garas di wilayah Bakool, barat daya Somalia. Desa tersebut direbut tanpa perlawanan dari kelompok militan Al-Shabaab.

Menteri Informasi untuk Negeri Barat Daya Somalia, Ugas Hassan mengatakan bahwa operasi masih berlangsung untuk membebaskan daerah masih di bawah kontrol Al-Shabaab. Operasi itu termasuk kota Tiyeglow di mana tentara Ethiopia mundur pada bulan Oktober.

"Pasukan dari Negara Barat Daya dan SNA bersama-sama melakukan operasi terhadap militan di wilayah tersebut dan merebut kembali El-Garas, lokasi kunci dan mereka akan membebaskan kota Tiyeglow, sekitar 90 kilometer ke kota Hudur. Tidak ada perlawanan dari para militan, tapi mereka melarikan diri, pasukan kami membuat beberapa perkembangan saat ini," kata Hassan seperti dikutip dari Xinhua, Senin (14/11/2016).

Ia menambahkan bahwa Negara Barat Daya tidak bisa mentolerir tindakan brutal yang dilakukan oleh militan Al-Shabaab terhadap warga. "Kami berkomitmen untuk membebaskan dan memulihkan perdamaian dan stabilitas di kawasan itu," katanya.

Perkembangan militer terbaru ini muncul setelah militan Al-Shabaab memenggal lima warga sipil di luar kota Tiyeglow pada 31 Oktober lalu setelah tentara Ethiopia menarik diri dari sana. Sejak saat pejabat Somalia bersumpah untuk membebaskan wilayah tersebut.



(ian)
dibaca 8.505x
loading gif
Top