Iran Akui Pasok Rudal Balistik ke Houthi Yaman

Minggu, 06 November 2016 - 02:41 WIB
Iran Akui Pasok Rudal Balistik ke Houthi Yaman
Iran Akui Pasok Rudal Balistik ke Houthi Yaman
A A A
TEHERAN - Kantor berita Iran, Fars, yang berafiliasi dengan Garda Revolusi Iran merilis laporan pengakuan Teheran perihal pasokan rudal balistik untuk pasukan pemberontak Houthi Yaman. Rudal balistik yang dipasok Iran ini bernama rudal Zalzal-2.

Laporan media Iran yang dilansir pada hari Jumat mengutip sumber militer Teheran. Rudal Zalzal-2 itu dipasok Iran untuk pasukan Houthi yang mengusai Ibu Kota Sanaa.

“Ini adalah serangan presisi rudal dan (itu) mencapai target,” kata sumber militer Iran tanpa merinci dampak kerusakan dan korban yang ditimbulkan dari tembakan rudal tersebut.

Media Iran tersebut juga mengutip analis militer terkemuka Seyed Sadeq al-Sharafi. ”Milisi sedang mengembangkan kekuatan rudal mereka untuk menargetkan Riyadh dan Dubai di masa depan, setelah mereka meningkat kemampuan rudal dan militer, mereka dan memperluas jangkauan operasi terhadap musuh,” katanya, seperti dikutip Al Arabiya, semalam (5/11/2016).

Rudal Zalzal-2 adalah rudal panjang Iran yang digunakan oleh militer Iran, Hizbullah dan Houthi. Sebelum muncul laporan ini, para pejabat Iran termasuk Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif menyangkal jika Iran memasok rudal kepada pasukan Houthi Yaman. “Tuduhan yang tidak berdasar,” kata Zarif pada saat itu, seperti dikutip IRNA.

Laporan perihal pemasokan rudal balistik Iran kepada Houthi Yaman ini hanya berselang beberapa minggu setelah kapal perang Amerika Serikat jadi target tembakan rudal balistik Houthi saat patroli di lepas pantai Yaman.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3883 seconds (0.1#10.140)