Minta Kenaikan Gaji, Profesor Universitas Yaman Dibunuh Houthi

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 03:17 WIB
loading...
Minta Kenaikan Gaji, Profesor Universitas Yaman Dibunuh Houthi
Mohammed Ali Naeem tewas ditembak oleh milis Houthi beberapa jam setelah dia meminta pemerintah Houthi untuk mendistribusikan dan meningkatkan gaji. Foto/Al Arabiya
A A A
SANAA - Milisi bersenjata Houthi dilaporkan membunuh seorang profesor universitas Yaman beberapa jam setelah dia meminta pemerintah Houthi untuk mendistribusikan dan meningkatkan gaji. Demikian laporan kantor berita Al Hadath.

Mohammed Ali Naeem adalah direktur departemen teknik dan profesor arsitektur di Universitas Sanaa, di Ibu Kota Yaman Sanaa.

Naeem dilaporkan ditembak dan dibunuh ketika dia meninggalkan rumah seorang teman oleh milisi yang didukung Iran itu. Namun, Houthi segera setelah merilis video dari seorang tersangka yang mengaku telah membunuh profesor karena masalah pribadi dan perselisihan lama di Facebook.

Dalam video yang di-tweet oleh Al Hadath, seorang pria bernama Fouad Hussein Solih mengatakan dia mengikuti Naeem setelah melihatnya di jalan secara kebetulan. Dia kemudian menunggunya di luar rumah korban atau rumah temannya.

Solih terus mengatakan dia menembak dan membunuh profesor ketika dia keluar.

"Saya mengeluarkan senjata saya ketika dia keluar, saya keluar dari kendaraan saya dan menembaknya, lalu kembali ke kendaraan saya dan pergi," kata tersangka dalam video tersebut seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (7/8/2021).

Dia mengklaim telah menembak Naeem tiga kali sebelum pergi.

Houthi yang didukung Iran secara teratur menculik atau membunuh mereka yang berbicara menentang mereka atau kondisi kehidupan, termasuk aktivis dan masyarakat umum.

Naeem, serta ribuan pegawai negeri Yaman, belum menerima gaji mereka sejak akhir 2016, ketika Houthi menghentikan pembayaran setelah bank sentral Yaman dipindahkan dari Sanaa oleh pemerintah yang diakui secara internasional.

Dewan Hak Asasi Manusia PBB dan kelompok hak asasi manusia lainnya telah mengutuk pelanggaran yang dilakukan oleh milisi Houthi selama bertahun-tahun. Pelanggaran ini termasuk penangkapan, penahanan, penolakan akses kemanusiaan dan pembunuhan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1895 seconds (0.1#10.140)
pixels