Pantau Operasi Pembebasan Mosul, Menhan AS Kunjungi Irak

Minggu, 23 Oktober 2016 - 21:16 WIB
Pantau Operasi Pembebasan Mosul, Menhan AS Kunjungi Irak
Pantau Operasi Pembebasan Mosul, Menhan AS Kunjungi Irak
A A A
ERBIL - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Ashton Carter dilaporkan melakukan kunjungan mendadak ke Irak. Dia mengunjungi Baghdad dan juga Erbil, untuk melakukan pertemuan dengan pejabat tinggi Irak dan juga Kurdi.
Di Baghdad, Carter melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Irak Haider el-Abadi. Fokus pembahasan keduanya adalah mengenai perkembangan operasi pembebasan Mosul, dan juga mengenai peran Turki dalam operasi tersebut.
Abadi telah dengan tegas menolak keterlibatan Turki dalam operasi pemebasan Mosul. Penolakan ini telah membuat Turki berang, dan menegaskan akan tetap melakukan operasi tersebut walaupun tanpa izin Baghdad.
"Saya tahu orang-orang Turki ingin berpartisipasi, kami memberitahu mereka terima kasih, ini adalah sesuatu harus ditangani orang-orang Irak dan Irak akan membebaskan Mosul dan seluruh wilayah," kata Abadi, seperti dilansir voanews pada Minggu (23/10).
Sementara itu, Carter, dalam komentar kepada wartawan di Baghdad menggambarkan masalah peran Turki di Mosul sebagai hal yang sulit. Dia juga menekankan bahwa kedaulatan Irak adalah yang terpenting dalam operasi melawan ISIS.
"Saya juga menegaskan kembali betapa pentingnya setiap negara beroperasi dengan menghormati sepenuhnya kedaulatan Irak. Itulah prinsip yang dianut koalisi internasional dan koalisi melakukan segala hal ini sesuai dengan komitmen itu, dan saya ingin mengatakan bahwa kami menjalankan komitmen itu," ucap Carter.
Sementara itu, dalam kunjungan ke Erbil, Carter bertemu dengan Presiden Kurdi Masoud Barzani. Keduanya juga membahas mengenai perkembangan operasi pembebasan kota Mosul.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3431 seconds (0.1#10.140)