10 Kecanggihan Jet Tempur Siluman F-35, Unggul dalam Segala Lini

Minggu, 02 Juli 2023 - 21:43 WIB
loading...
10 Kecanggihan Jet Tempur Siluman F-35, Unggul dalam Segala Lini
Jet tempur siluman F-35 memiliki banyak keunggulan di segala lini. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Ketika pemerintahan mantan Presiden Bill Clinton pertama kali menyusun gagasan "pejuang serangan bersama" pada 1995, itu adalah solusi ideal untuk sejumlah tantangan militer. Ide dasarnya adalah keluarga pesawat taktis dan berteknologi canggih yang mampu menyelesaikan banyak misi berbeda.

Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) akan menggunakannya untuk menggantikan pesawat tempur F-16 Perang Dingin dalam pertempuran udara, pengeboman target darat dan dukungan udara pasukan jarak dekat. Angkatan Laut akan menggunakannya untuk memperluas jangkauan serangan pesawat berbasis kapal induk.

Marinir akan menggunakannya untuk mendarat dengan uang sepeser pun di mana pun perang ekspedisi dilakukan. Dan semua orang, termasuk sekutu, akan menggunakannya untuk mengumpulkan intelijen dalam jumlah besar yang dapat dibagikan dengan aman kepada mitra koalisi dalam konflik di masa mendatang.

Sejak awal ada orang-orang yang mengira joint strike fighter adalah mimpi yang tidak realistis—sebuah proyek yang berharap terlalu banyak dari satu pesawat, dan kemungkinan besar akan gagal saat biaya meningkat.

Melansir Forbes, program tersebut mungkin tidak akan pernah berhasil jika ancaman militer berada pada puncaknya. Tetapi Uni Soviet telah runtuh dan China menjadi renungan dengan 3% dari PDB global, sehingga pemerintahan Clinton memutuskan untuk mengambil risiko.

Ratusan pesawat, yang sekarang disebut F-35, beroperasi dengan sepuluh dinas militer di seluruh dunia. Butuh waktu lebih lama untuk membuahkan hasil dari yang direncanakan semula, tetapi pada akhirnya pesawat tempur gabungan itu memenuhi tujuannya untuk bertahan hidup dan keserbagunaan.

Berikut adalah 10 kecanggihan jet tempur siluman F-35.

1. 1 F35 Berbanding 20 Jet Tempur Biasa

10 Kecanggihan Jet Tempur Siluman F-35, Unggul dalam Segala Lini

Foto/Reuters

F-35 berpartisipasi dalam latihan, biasanya mengalahkan pesawat musuh dengan kecepatan lebih baik dari 20 banding 1.

Itu akan melakukan hal yang sama di masa perang melawan pesawat tempur Rusia atau China, karena dirancang untuk menyerap atau membelokkan energi radar, sehingga pilot lawan tidak dapat melihatnya sebelum ditembak jatuh.


2. Mempunyai Sistem Pengacau Radar Musuh

10 Kecanggihan Jet Tempur Siluman F-35, Unggul dalam Segala Lini

Foto/Reuters

Selain itu, F-35 dilengkapi dengan sistem pengacau canggih yang menipu atau menekan radar musuh, baik di udara maupun di darat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1047 seconds (0.1#10.140)