Intensifkan Serangan Udara ke Iran dan Suriah, Israel Beli 25 Jet Siluman F-35

Minggu, 02 Juli 2023 - 19:16 WIB
loading...
Intensifkan Serangan Udara ke Iran dan Suriah, Israel Beli 25 Jet Siluman F-35
Israel menjadi negara pertama di luar Amerika Serikat yang memiliki armada tempur paling canggih di dunia. yakni jet siluman F35 Foto/Reuters
A A A
JERUSALEM - Israel menyetujui pembelian skuadron ketiga jet tempur siluman F-35 dalam kesepakatan senilai USD3 miliar atau Rp45 triliun. Itu sebagai upaya Israel untuk mengantisipasi ancaman dari Iran dan Suriah.

Tambahan 25 pesawat yang diproduksi oleh Lockheed Martin akan membuat jumlah F-35 di angkatan udara Israel menjadi 75. Reuters melaporkan, kementerian Pertahanan Israel menambahkan bahwa kesepakatan itu akan dibiayai melalui paket bantuan pertahanan yang diterima Israel dari Amerika Serikat (AS). .

Menteri Pertahanan Yoav Gallant menyetujui rekomendasi yang diajukan oleh kepala Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Letnan Jenderal Herzi Halevi; direktur jenderal kementerian, Eyal Zamir; dan kepala IAF, Mayor Jenderal Tomer Bar, mengenai skuadron F-35 ketiga.



Kementerian Pertahanan Israel mengatakan akan mengeluarkan surat permintaan resmi (LOR) ke Kantor Program Bersama F-35 Lightning II militer AS. "Langkah ini akan memfasilitasi persetujuan dan penandatanganan transaksi dalam beberapa bulan mendatang," demikian keterangan resmi Kementerian Pertahanan Israel.

Israel adalah negara pertama di luar Amerika Serikat yang memperoleh F-35. Pada Mei 2018, panglima angkatan udaranya mengatakan bahwa Israel adalah yang pertama menggunakan pesawat itu dalam pertempuran.

F-35 juga dikenal sebagai Joint Strike Fighter dan di Israel dengan nama Ibraninya "Adir" (Mighty). Lockheed Martin dan produsen mesin Pratt & Whitney telah setuju untuk melibatkan perusahaan pertahanan Israel dalam produksi komponen pesawat, tambah kementerian Israel.
“Perjanjian baru ini akan memastikan kelanjutan kerjasama antara perusahaan Amerika dan industri pertahanan Israel dalam produksi suku cadang pesawat,” demikian keterangan Kementerian Pertahanan Israel.

Joshua Shani, CEO Lockheed Martin Israel, mengatakan perusahaan merasa terhormat bahwa pemerintah Israel telah mengumumkan niatnya untuk membeli F-35 tambahan.

“Angkatan Udara Israel telah membuktikan kemampuannya dalam operasi kritis dengan skuadron ke-116 dan ke-140, dan kami berharap untuk membangun kinerja yang kuat ini,” katanya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)